Monday, April 30, 2018

Bitcoin - Digital Asset Yang Sakti

Bitcoin adalah mata uang digital terdesentralisasi yang memungkinkan pembayaran instan kepada siapa pun, di mana pun di dunia. Bitcoin menggunakan teknologi peer-to-peer untuk beroperasi tanpa otoritas pusat: manajemen transaksi dan penerbitan uang dilakukan secara kolektif oleh jaringan.

Perangkat lunak Bitcoin asli oleh Satoshi Nakamoto dirilis di bawah lisensi MIT. Sebagian besar perangkat lunak klien, berasal atau "dari awal", juga menggunakan lisensi sumber terbuka.

Bitcoin adalah implementasi pertama dari mata uang kripto terdistribusi yang dijelaskan pada tahun 1998 oleh Wei Dai pada milis cypherpunks. Berdasarkan gagasan bahwa uang adalah objek apa pun, atau semacam catatan apa pun, dapat diterima sebagai konteks negara atau sosio-ekonomi, Bitcoin dirancang di sekitar gagasan menggunakan kriptografi untuk mengontrol pembuatan dan transfer uang, daripada mengandalkan otoritas pusat.

Bitcoin memiliki semua properti yang diinginkan dari barang seperti uang. Mereka portabel, tahan lama, dapat dibagi, dikenali, sepadan, langka dan sulit dipalsukan.

Mengapa?
Bitcoin adalah uang elektronik P2P yang berharga atas sistem warisan karena otonomi moneternya membawa kepada penggunanya. Bitcoin berusaha mengatasi masalah akar dengan mata uang konvensional: Bukan kepercayaan yang dibenarkan adalah hal yang buruk, tetapi kepercayaan membuat sistem rapuh, tidak tembus cahaya, dan mahal untuk beroperasi.

Kegagalan kepercayaan menghasilkan keruntuhan sistemik, kurasi kepercayaan menciptakan ketimpangan dan monopoli terkunci, dan kepercayaan yang muncul secara alami choke-point dapat disalahgunakan untuk menolak akses ke proses hukum. Melalui penggunaan bukti kriptografi, jaringan terdesentralisasi dan perangkat lunak open source, Bitcoin meminimalkan dan menggantikan biaya kepercayaan ini.

Transaksi Bitcoin adalah:
  1. Tanpa izin dan tanpa batas. Perangkat lunak ini dapat diinstal oleh siapa pun di seluruh dunia.
  2. Tidak perlu ID untuk digunakan. Sehingga cocok untuk yang tidak memiliki rekening bank, komputer yang sadar privasi, atau orang-orang di daerah dengan infrastruktur keuangan yang belum berkembang.
  3. Tanpa sensor. Tidak ada yang dapat memblokir atau membekukan transaksi dalam jumlah berapapun.
  4. Tidak dapat diubah setelah diselesaikan, seperti uang tunai. (tapi perlindungan konsumen masih mungkin).
  5. Cepat. Transaksi disiarkan dalam hitungan detik dan dapat menjadi ireversibel dalam satu jam.
  6. Online dan tersedia 24 jam sehari, 365 hari per tahun.
Bitcoin juga bisa menjadi penyimpan nilai, beberapa orang mengatakan itu adalah "swiss bank account in your pocket".

Bitcoin Tersimpan:
  1. Tidak bisa dicetak atau direndahkan. Hanya 21 juta bitcoin yang pernah ada.
  2. Tidak ada biaya penyimpanan. Mereka tidak mengambil ruang fisik tanpa menghiraukan jumlah.
  3. Mudah dilindungi dan disembunyikan. Dapat disimpan dienkripsi pada hard disk atau cadangan kertas.
  4. Apakah dalam kepemilikan langsung Anda tanpa risiko counterparty. Jika Anda menyimpan kunci pribadi dari rahasia bitcoin dan transaksi tersebut memiliki cukup konfirmasi, maka tidak ada yang dapat mengambilnya dari Anda, apa pun alasannya, tidak peduli seberapa baik alasannya, tidak peduli apa pun.
  5. Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun. Bitcoin yang menggunakan database Blockchain tidak dikontrol oleh suatu pihak, melainkan sangat terbuka untuk umum sehingga mustahil bagi seseorang untuk memalsukan transaksi di Blockchain. Seluruh transaksi tercatat secara live, transparan, dan tersebar ke jutaan server.
Anda bisa transfer bitcoin ke mana saja di dunia asalkan terkoneksi dengan internet. Bitcoin akan disimpan ke dalam Bitcoin Wallet. Wallet ini harus terinstall di kedua belah pihak, bisa dengan PC/laptop, tablet ataupun smartphone. Setelah menginstall wallet, Anda akan mendapatkan Bitcoin Address. Untuk transfer bitcoin sangat mudah, buka aplikasi wallet, masukan Bitcoin Address dari lawan transaksi dan jumlah bitcoin yang ingin ditransfer, kemudian kirim.

Lalu Anda mungkin bertanya, kalau tidak ada bank atau perusahaan yang mengelola seperti halnya paypal atau egold, lalu data keuangan disimpan di mana? Jawabannya, di komputer Anda sendiri (dalam wallet) dan jaringan peer to peer di seluruh dunia. Bitcoin tersimpan di komputer Anda di dalam wallet.

Jika komputer rusak sama saja bitcoin Anda hilang, jadi wallet bitcoin harus di-backup secara berkala ke beberapa device. Ketika melakukan transaksi, puluhan ribu komputer di dalam jaringan bitcoin akan menverifikasi data yang Anda masukan sehingga tidak terjadi kecurangan.

Apakah Bitcoin Aman?
Anda mungkin berpikir bahwa sistem bitcoin yang open source memungkinkan seorang komputer jenius dapat membobol sistem bitcoin dan menerbitkan sejumlah bitcoin untuk dirinya sendiri.

Kenyataannya sistem ini telah direview oleh berbagai kalangan sebagai tanpa cacat. Setiap data transaksi masa lampau tersimpan di semua peer di seluruh jaringan, dan harus berurutan. Setiap transaksi baru akan diverifikasi oleh sejumlah peer baru dinyatakan valid.

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin?
Anda dapet mendapatkan bitcoin dengan cara membeli dan mining atau juga bisa mencari dari situs penyedia faucet bitcoin secara gratis.
Untuk membeli bitcoin dapat dilakukan di exchanger-exchanger seperti :
  1. Indodax (indonesia), Silahkan anda buka disini
  2. Coinbase (Global), Silahkan anda buka disini
  3. Luno (Asia Tenggara), Silahkan anda buka disini
  4. Poloniex (Global), Silahkan anda buka disini
  5. btcchina (China), Silahkan anda buka disini
  6. Yobit (Rusia), Silahkan anda buka disini
Orang mulai beramai-ramai membeli dan menggunakan bitcoin?
Bitcoin dikembangkan dengan idealisme bahwa aset digital yang baik tidak dikontrol oleh pemerintah atau bank sentral.

Krisis finansial beberapa waktu yang lalu menegaskan bahwa pemerintah selalu lalai dalam menjaga kestabilan ekonomi. Pemerintah dipercaya selalu dikuasai oleh orang-orang yang korup dan hanya bekerja demi keuntungan pribadi, sehingga keputusan-keputusan finansial selalu berpihak kepada konglomerat belaka.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon